Search This Blog

Arab Saudi Eksekusi TKW Filipina Karena Membunuh

Jakarta, CNN Indonesia -- Kerajaan Arab Saudi dilaporkan mengeksekusi mati seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Filipina. Perempuan berusia 39 tahun divonis bersalah karena membunuh dan tidak mendapat pengampunan.

Menurut Duta Besar Filipina di Arab Saudi, Adnan Alonto, eksekusi TKW itu digelar pada Selasa (29/1) lalu dengan cara dipancung. Adnan menyatakan sudah membantu dari proses hukum dengan menyediakan kuasa hukum, serta mengabari keluarga mendiang.

Seperti dilansir CNN, Kamis (31/1), kabar eksekusi itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Filipina. Menurut mereka, Mahkamah Agung Saudi tetap menyatakan mendiang bersalah dan divonis mati mutlak (had gillah). Hakim Agung Saudi juga menyatakan perkara itu tidak bisa diselesaikan dengan membayar uang pengganti (diyat).

Membayar uang pengganti memang dibolehkan dalam aturan hukum Saudi, kepada kerabat korban.

Hukuman mati juga diterapkan kepada sejumlah tenaga kerja Indonesia. Pada tahun lalu, seorang TKI asal Majalengka, Tuti Tursilawati dihukum pancung karena kasus pembunuhan. Saat ini tercatat masih ada 13 warga TKI di Saudi yang terancam hukuman mati.

Saat ini diperkirakan ada 2,3 juta TKW asal Filipina bekerja sebagai pesuruh di Arab Saudi. Negara itu tetap menjadi tujuan farvorit para TKW Filipina untuk mengadu nasib. (ayp/ayp)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2BcZ3xQ
January 31, 2019 at 11:29PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2BcZ3xQ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arab Saudi Eksekusi TKW Filipina Karena Membunuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.