Search This Blog

Inilah Lolai, Negeri di Atas Awan Milik Toraja

Jakarta, CNN Indonesia -- Selain memiliki wisata budaya, Toraja juga memiliki destinasi alam bernama Lolai yang terkenal sebagai negeri di atas awan.

Lolai berada di kawasan Toraja Utara dengan pesonanya yang tak perlu diragukan. Atmosfer pagi dihias gulungan kabut tebal. Belum lagi kicauan burung-burung yang terdengar merdu.

"Pesona Toraja itu bukan saja tentang budayanya saja. Wisatanya tak hanya masuk ke gua kuburan. Pesona alamnya juga tak kalah magisnya. Sangat berkelas seperti di Lolai ini," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan tertulis Jumat (28/12).

Wisatawan bisa melihat hamparan persawahan yang menghijau, dihiasi dengan eloknya barisan perbukitan yang membentang. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat gundukan awan putih yang memesona sesuai dengan julukan Negeri di Atas Awan.


Matahari terbit pun menjadi juara dengan panorama yang dijamin bisa membuat pikiran segar. Tak sedikit wisatawan yang datang sejak pukul 04.00 pagi, membuktikan jika sunrise di tempat itu menakjubkan.

"Modal Toraja sudah kuat dengan akar budayanya yang mendunia. Tinggal aksesibilitasnya yang perlu di tingkatkan. Saya yakin jika Bandara Buntu Kunik sudah selesai pasti perkembangan pariwisata Toraja makin cepat. Karena atraksi serta amenitasnya sudah mumpuni," papar Arief.

Rumah Tradisional

Amenitas yang kuat terlihat hingga ke Lolai. Bagi wisatawan yang tidak ingin terburu-buru melihat arak-arakan awan pagi, Lolai juga menyediakan beragam pilihan penginapan.

Ada yang mengusung konsep modern, adapula tradisional. Namun agar lebih merasakan suasana Toraja, alangkah baiknya memilih penginapan yang berbentuk rumah tradisional Tongkonan.


Biaya menginap di sana pun cukup murah, berkisar antara Rp100 ribu - Rp200 ribu per malam. Jaringan internet pun sudah menjangkau destinasi ini. Sehingga wisatawan dapat langsung mengunggah fotonya ke media sosial tanpa harus menunggu sampai ke kota.

Bagi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Toraja merupakan paket lengkap eksotisme Sulawesi. 

"Experience yang ditawarkan Toraja ini luar biasa. Apalagi dengan kuatnya budaya pemakaman serta upacara adat Rambu Solo. Di sini wisatawan tanpa bosan bisa tinggal sekitar 1 minggu," katanya. (prf)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2AhoIVC
December 29, 2018 at 03:43AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2AhoIVC
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inilah Lolai, Negeri di Atas Awan Milik Toraja"

Post a Comment

Powered by Blogger.